Cara Sablon Manual
Illustasi Cara Sablon Manual

Hay Guys,.. pada kesempatan yang baik ini saya akan membahas tentang cara sablon manual yang mudah dan benar. Pada artikel ini nantinya saya akan menjelaskan bagaimana cara sablon manual dan apa saja peralatan yang diperlukan, disertai sedikit informasi tambahan informasi lainnya mengenai sejarah dan juga kelebihan serta kekurangan teknik sablon manual ini.

Untuk penggemar kaos tentunya sablon merupakan salah satu layanan yang banyak diminati terutama oleh mereka para penggemar kaos yang ingin menggunakan desain yang sesuai dengan karakter individu masing-masing, atau untuk kebutuhan lainnya seperti kaos acara, kumpul-kumpul antar Alumni, kaos Organisasi baik politik atau komunitas hobby sperti mancing, sepeda atau grup sosial lainnya.

Menjamurnya toko online yang ingin usaha jual kaos juga ikut mendongkrak para sabloner dari segi ekonomi. Permintaan pasar akan kebutuhan pasar yang terus meningkat akan kebutuhan kaos distro bisa dijadikan ide usaha buka toko sablon kaos distro.

Langsung pada pembahasan tema kali ini sablon manual sudah dikenal lama pada prinsipnya sablon adalah memindahkan obyek gambar atau teks dari screen ke bahan baik kain, kayu, keramik atau kaos. menyablon kaos, ada beberapa teknik sablon yang bisa Anda coba, mulai dari sablon kaos DTG, Sublimasi, Heat Press, Polyflex atau Cutting Vinyl, dan cara yang paling tua diggunakan yaitu sablon manual, namun pada artikel ini saya hanya membahas tentak sablon manual kaos.

Lalu apa itu yang disebut manual manual, sablon manual merupakan teknik sablon yang juga dengan sebutan screen printing, proses penyablonan dikerjakan menggunakan screen dan tinta sablon yang akan dilapis pada kaos secara manual.

Alat dan Bahan yang diperlukan untuk sablon kaos manual adalah:

  • Screen dan Frame (peralatan utama yang diperlukan untuk melakukan sablon manual, yang berbentuk bingkai kayu (frame) dengan kain screen di tengahnya, yang memiliki pori-pori untuk mengatur banyaknya tinta yang akan dilapisi pada kaos, dan biasanya memiliki ukuran 30 x 40 cm.
  • Rakel, merupakan alat sepanjang 15-20cm yang akan digunakan untuk menyapu tinta sablon ke permukaan kaos hingga merata.
  • Busa digunakan sebagai tatakan untuk screen sehingga tinta yang menetes akan meresap, dan biasanya berukuran lebih besar dari screen.
  • Kaca Bening, alat yang digunakan sebagai alat untuk rata dan membuat efek seperti sinar matahari. Ukurannya adalah 40 x 50 cm.
  • Foto Emulsi digunakan untuk melapisi desain,
  • Lampu 250 watt berfunsi untuk memancarkan panas saat akan mengeringkan tinta sablon.
  • Sarung Tangan Latex
  • Kaos polos
  • Tinta Sablon.

Langkah-langkah proses sablon manual:

  1. Persiapkan semua Perlengkapan
  2. Buat Desain yang ingin disablon kemudian di print pada print laser menggunakan kertas HVS atau kalkir.
    Ruangan Gelap
  3. Lapisi Screen dengan Emulsi, untuk penggunaan cairan ini ikuti petunjuknya di kemasan.
  4. Panaskan Gambar Desain dengan Lampu. Letakkan kertas transparan berisi desain Anda pada bagian screen yang sudah dilapisi emulsi foto, kemudian tempelkan kertas transparan pada screen menggunakan selotip. Arahkan lampu pijar ke arah gambar, dan jangan nyalakan lampu apapun selain lampu pijar tersebut, kemudian tunggu hingga kira-kira 10-15 menit, kemudian tarik perlahan kertas transparan tersebut.Nantinya Anda akan melihat desain Anda seakan terbakar yang menempel pada screen.
  5. Semprot/Siram Screen dengan Air Dingin. Semprotkan air dingin menggunakan selang atau shower sehingga emulsi foto akan mengelupas pada bagian desain dan akan membentuk desain atu gambar pada secreen.
  6. Proses Sablon. Tuangkan tinta sablon secara perlahan dengan arah horizontal, kemudian ratakan satu arah ke bawah dengan rakel hingga tinta melapisi screen dengan merata. Setelah itu lapisi terus tinta ke atas, kiri, kanan, bawah menggunakan rakel yang sedikit Anda tekan supaya tinta dapat terdorong ke permukaan kaos dengan merata.Apabila sudah, angkat screen perlahan dan Anda bisa lihat bahwa proses sablon sudah selesai
  7. Panaskan Kaos
  8. Membersihkan Semua Peralatan. segera mencuci dan membersihkan screen dengan air supaya terbebas dari tinta sablon yang menempel sehingga screen bisa Anda gunakan kembali untuk sablon kaos lainnya.

Demikianlah cara sablon manual memang terlihatnya sangat panjang prosesnya tapi seiring dengan belajar terus belajar akab terasa mudah dan cepat proses sablonnya. Semoga bermanfaat trims,.. sudah berkunjung jangan lupa share artikel ini agar bisa berguna untuk yang lainnya.

Cara Sablon Manual MUDAH yang Benar
Silakan Share Artikel ini agar bisa bermanfaat untuk yang lainnya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silakan Ketik Pesan
Sobat Sablon Kaos, ada bisa Saya Bantu ?
www.sablonkaospolyflex.com
Sobat Sablon Kaos, ada bisa Saya Bantu ?